Wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi


Obyek wisata Sukabumi seringkali dikunjungi para wisatawan untuk merilekskan pikiran mereka. Bagi Anda yang memiliki rencana pergi ke Sukabumi namun belum tahu tempat wisata mana yang akan dikunjungi, jangan khawatir. Karena Anda bisa mengunjungi Geopark Ciletuh yang ada di sana. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Geopark Ciletuh merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling keren dan cocok untuk dipertimbangkan ketika Anda berkunjung ke sana. Bagi Anda pecinta alam, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dikunjungi, sebab Geopark Ciletuh ini merupakan wisata alam yang penuh tantangan lengkap dengan taman alam batuan tua. Tentu saja hal ini dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda yang mengunjunginya.

Wisata di Sukabumi ini dulunya adalah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut yang kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh. Tak hanya itu saja, menurut para ahli geologi, tempat ini juga merupakan salah satu kawasan dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati pemandangan alami mulai dari wisata pantai, air terjun hingga spot foto terbaik berlatar belakang laut.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ciemas, Sukabumi ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk menikmati pemandangan alam yang ada di sana. Jika tertarik, pastikan Anda menggunakan mobil offroad sebab jalannya tidak beraspal dan cukup menantang. Anda juga bisa reservasi beberapa paket wisata jika tertarik mengunjunginya.

Paket wisata tersebut akan mengajak Anda berkeliling Geopark menggunakan mobil khusus untuk menyusuri hamparan batuan tua hasil proses sedimentasi jutaan lalu. Tak hanya itu saja, Anda juga akan diajak berkeliling di tempat menarik yang ada di sana. Daripada penasaran, berikut adalah spot terbaik di Geopark Ciletuh yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Menarik di Geopark Ciletuh, Obyek Wisata Sukabumi Paling Populer

Puncak Darma Puncak Darma Geopark Ciletuh


Yang pertama adalah Puncak Darma. Puncak Darma merupakan titik tertinggi yang ada di Geopark Ciletuh. Tempatnya yang tepat mengarah ke laut, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Di sini Anda juga bisa melihat dengan jelas pemandangan samudra yang indah dan menawan.

Curug Sodong


Yang kedua adalah Curug Sodong. Ketika mengunjungi Geopark Ciletuh, jangan lupa untuk singgah di Curug Sodong. Posisinya yang tersembunyi di balik cekungan sebuah bukit, membuat air terjun yang satu ini sangatlah istimewa dan sayang untuk dilewatkan. Curug ini juga menjadi spot terbaik untuk hunting foto ketika berkunjung ke Curug Sodong.Curug Sodong

Di dasar air terjun Anda bisa melihat sebuah ceruk yang tidak terlalu dalam. Dan Anda pun bisa masuk ke dalam ceruk tersebut untuk sekedar bermain air ataupun mengambil foto dengan latar belakang air terjun.

Curug Awang


Berikutnya adalah Curug Awang. Selain Curug Sodong, Curug Awang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Debit airnya yang cukup besar membuat air terjun ini terlihat seperti tirai besar yang menawan jika dilihat dari kejauhan. Mengunjungi obyek wisata Sukabumi ini di musim penghujan tidak disarankan,  sebab Anda tidak bisa menikmati keindahannya secara keseluruhan.Curug Awang

Sedangkan di musim kemarau Anda bisa mencoba naik ke bagian atas air terjun  dengan cara menaiki bebatuan yang ada di sisi dinding air terjun. Di atas sini Anda bisa menyaksinak pemandangan alam yang menawan.

Pantai Palangpang


Di Pantai Palangpang Anda akan mendengar deburan ombak yang menenangkan serta dapat melihat hamparan pasir putih yang  luas. Bagi Anda yang ingin merilekskan pikiran sejenak dari sejuta penat, Pantai Palangpang ini wajib dikunjungi.Pantai Palangpang

Di sini juga terdapat beberapa bale-bale yang dapat digunakan untuk bersantai. Bersantai di atas bale-bale sembari menyaksikan pemandangan pantai tentu saja dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh dan segar kembali.

Panenjoan


Sudah dijelaskan tadi bahwa Geopark Ciletuh merupakan bentan batuan tertua di Jawa Barat. Maka jangan heran jika di sini Anda akan menemui banyak bukit bebatuan. Salah satu tempat menarik yang dapat Anda nikmati keindahannya adalah di Bukit Panenjoan.Panenjoan

Di Bukit Panenjoan ini Anda bisa melihat wilayah Geopark Ciletuh secara keseluruhan. Sehingga tempat ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Bagi Anda penggemar selfie, Bukit Panenjoan juga memiliki latar belakang indah dan mempesona.

Curug Cimarinjung


Untuk bisa sampai ke air terjun ini Anda harus berjuang sedikit lebih keras melewati jalan  setapak yang dipenuhi bebatuan. Meskipun begitu, rasa lelah yang Anda rasakan akan terobati dengan pemandangan sawah yang hijau sepanjang perjalanan dan pemandangan Curug Cimarinjung yang sangat memukai.Curug Cimarinjung

Deretan bebatuan besar yang ada di sekitar air terjun, seakan membawa Anda ke jaman Jurasik Park. Sangat menarik bukan?

Butuh waktu sedikitnya 4 hari untuk bisa menikmati sebagian besar objek wisata di sana tanpa harus terburu-buru. Wisatawan bisa berkeliling ke sejumlah objek wisata seperti Panenjoan, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Pantai Palangpang, serta Pulau Kunti dan sejumlah pulau di sekitarnya seperti Pulau Mandre dan Pulau Badak. Perlu diketaui pula, wisatawan tidak selalu dimintai karcis masuk untuk bisa mengakses objek wisata mengingat pengelolaannya yang masih terbuka.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment